Rabu, 20 Agustus 2014

Fakultas Agama Islam jurusan Tarbiyah

Secara umum, tarbiyah dapat dikembalikan kepada 3 kata kerja yg berbeda, yakni:
  1. Rabaa-yarbuu yg bermakna namaa-yanmuu, artinya berkembang.
  2. Rabiya-yarbaa yg bermakna nasya-a, tara’ra-a, artinya tumbuh.
  3. Rabba-yarubbu yg bermakna aslahahu, tawallaa amrahu, sasa-ahuu, wa qaama ‘alaihi, wa ra’aahu, yang artinya masing memperbaiki, mengurus, memimpin, menjaga dan memeliharanya (atau mendidik).
Jurusan Tarbiyah atau Pendidikan Agama Islam ini bertujuan mengantarkan mahasiswanya ahli di bidang pendidikan agama Islam dan menjadi pendidik/guru profesional. Untuk itu, mahasiswa dibekali dengan keahlian-keahlian plus untuk menjadi peneliti dan konsultan pendidikan agama, serta manajer/pengelola lembaga pendidikan.
Kegiatan perkuliahan dilengkapi dengan laboratorium micro teaching yang berfungsi membantu Jurusan Tarbiyah dalam memperkuat proses pembelajaran (learning process) dengan menyediakan berbagai pelatihan dan praktikum mahasiswa yang memberdayakan, melakukan pengkajian dan penelitian dalam upaya discovery terhadap teori dan model pembelajaran, serta menerapkan pembelajaran atau ilmu kependidikan Islam (konsep, model, teknologi) di masyarakat sebagai upaya pengabdian kepada masyarakat.

banyak orang menganggap jurusan agama itu tidak penting. Tapi menurut saya, justru sangat penting karna akan membawa kita sukses dunia akhirat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar