Rabu, 20 Agustus 2014

Tulungagung Ku

Saya berasal dari Tulungagung. Banyak yang orang tidak tahu tentang kotaku ini. ya, memang tidak terkenal. Tapi sangat menarik untuk di bahas.
 Ada yang tau tentang sejarahnya?? akan saya ceritakan sedikit... baca ya..

=> Sejarah Kota Tulungagung

Wilayah Tulungagung ternyata sudah dihuni sejak zaman pra sejarah dulu. Yang dianggap sebagai penghuni awal adalah homo wajakensis. Manusia pra sejarah yang fosilnya ditemukan oleh Eugene Dubois di daerah Tulungagung Selatan. Lokasi penemuannya konon terletak di dusun Nglepung desa Wajak Kecamatan Campurdarat. 
Nama Tulungagung sebenarnya berasal dari dua kata 'Toeloeng dan Agoeng. Arti dari dua kata itu Toeloeng berarti mata air dan Agoeng berarti besar. Sebelumnya nama kota ini adalah Kabupaten Ngrawa. Penyebutan kata Ngrawa sendiri konon dari banyaknya daerah berawa yang ada atau dalam bahasa jawanya “Ngrowo”. Tulungagung awalnya hanya merupakan bagian dari distrik dari kabupaten Ngrawa. Waktu itu ibu kotanya masih berada di daerah Kalangbret.

=> Pemerintahan Kota Tulungagung

Kabupaten Tulungagung beribukota di Kecamatan Tulungagung. Kabupaten Tulungagung terbagi dalam 19 Kecamatan, 257 Desa dan 14 Kelurahan. Dengan Kecamatan yang mempunyai jumlah desa terbanyak adalah Kecamatan Gondang yaitu sebanyak 20 desa dan yang mempunyai jumlah desa paling sedikit adalah Kecamatan Tanggunggunung yaitu sebanyak 7 desa.

=> Industri Unggulan Kota Tulungagung


Kotaku Tulungagung terkenal dengan banyak industri, yaitu :


  1.  Industri marmer yang terdapat di kotaku ini adalah yang terbesar di Indonesia dan  produknya sudah sampai ke Mancanegara.

Industri ini terletak di bagian selatan kota tulungagung tempatnya di kecamatan Campurdarat.











2. Yang kedua adalah Industri krupuk rambak. Siapa yang belum tau kelezatan krupuk kulit ini? di tulungagung krupuk rambak tidak hanya dari kulit sapi, tapi tulungagung adalah satu-satunya industri penghasil krupuk rambak dari kulit kerbau. Yang tentunya rasanya lebih enak.

















=> Seni dan Budaya Kota Tulungagung 


Potensi budaya Kota Tulungagung
  • Kentrung
Merupakan cerita tutur khas yang dimainkan oleh dua orang yang terdiri dari dalang merangkap instrumen kendang dan pengawit merangkap pendukung dalang memainkan instrumen ketipung dan terbang( rebana ). Contoh kentrung yang masih eksis saat ini adalah Kentrung Jaimah di Desa Batangsaren, Kauman.
  • Tayub/ Lelangen Beksa
Berpotensi sebagai sarana pergaulan yang merakyat dan aktual. Terdapat nilai adiluhung “tata karma” dalam pergaulan masyarakat Jawa.
  • Reyog
Merupakan kesenian tradisional khas Tulungagung. Berlatar belakang legenda dari kerjaan Kediri yang menggambarkan prajurit yang sedang mengiringi Prabu Jotosuro untuk melamar Dewi Kilisuci. Pemain terdiri dari 6 orang dengan iringan musik tradisi seperti dodog, kenong, laras, gong, dan selompret.
  • Wayang Jemblung
Memuat kisah Walisanga dalam penyebaran agama islam di Jawa. Wayang terbuat dari kulit dengan motif campuran Wayang Purwa dan Wayang Krucil.
  • Labuh Sembonyo
Diyakini masyarakat sebagai wahana “asok glondhong pengareng-areng” terhadap Ratu kidul
  • Suro Wekasan
Upacara laku yang dilaksanakan masyarakat Wajak yaitu menelusuri Candi Dadi berdoa untuk keselamatan diri, lingkungan sampai keselamatan bangsa dan Negara. Dilaksanakan akhir bulan Suro oleh semua pemeluk agama.
  • Upacara Jamasan Kyai Upas
Upacara memandikan pusaka Kyai Upas sebagai lambang kebesaran. Dimandikan setiap tahun pada hari Jumat Legi bulan Suro (Muharam) dan secara sakral.



=> Pariwisata di Kota Tulungagung 



Industri pariwisata alam di Tulungagung cukup berkembang dengan objek wisata andalan Pantai Popoh yang terletak di Kecamatan Besuki. Pantai ini adalah bagian dari pantai selatan yang terletak di jawa timur. 




tempat wisata yang tak kalah populer adalah bendungan Wonorejo. Bendungan Wonorejo adalah bendungan terbesar di Asia Tenggara. kereeeeeen kaaann??? 



ada juga peninggalan sejarah berupa candi di kabupaten tulungagung, tepatnya di kecamatan Boyolangu. Tempat bersejarah ini sering di jadikan tempat berwisata .


=> makanan khas tulungagung "asliiii uueeennnnaakk"


kelezatan kuliner tulungagung sudah tidak di ragukan lagi... ini dia yang paling khas..


Ini dia kuliner ter'uueennak' khas tulungagung. Nasi goreng (asap). Manis dan gurihnya nasi goreng yang di masak menggunakan bara arang panas memunculkan aroma khasnya...
Penasaran....??







Bagi pencinta Ayam ini adalah salah satu menu khas tulungagung yang cucok banget rasanya untuk lidah orang indonesia, namanya Ayam Lodho. gurihnya ayam, kentalnya santan dan beragam rempah di dalamnya membuat kuliner ini menjadi salah satu favorit wisatawan.Biasanya menu ini mempunyai pasangan yaitu Nasi Gurih dan Es Degan.







sumber : https://www.google.co.id/search?q=tentang+tulungagung&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ei=B3T0U9XTFoe9uATzs4DIAw&ved=0CAgQ_AUoAQ&biw=1366&bih=662


itulah keanekaragaman yang di miliki kota Tulungagung. Sangat menarik kan?? Tulungagung bisa menjadi kota liburan anda selanjutnya....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar